LAPORAN AKHIR INDIVIDUAL
PRAKTIK PENELITIAN LAPANGAN (PPL)
DI YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2011/2012
Diajukan
untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Ujian Praktik Bahasa Indonesia
di
MAN 2 Kota Sukabumi
disusun
oleh:
WILDAN WILYANI
NIS
1011010039
KEMENTERIAN
AGAMA KOTA SUKABUMI
MAN
2 KOTA SUKABUMI
1434
H/2013 M
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
AKHIR INDIVIDUAL
PRAKTIK
PENELITIAN LAPANGAN (PPL)
DI
YOGYAKARTA
TAHUN
AJARAN 2011/2012
Laporan
akhir PPL ini telah disahkan
Untuk
diajukan sebagai syarat Ujian Praktik
Disahkan di :
MAN 2 Kota Sukabumi
Hari, Tanggal :
Peserta,
Wildan
Wilyani
NIS
1011010039
Mengetahui:
Guru Pembimbing, Kepala
MAN 2 Kota Sukabumi,
Heni Rohaeni, M.Pd Drs.
Yepi Prezi Agus Gunadi, M.Si
NIP 196309071990032004 NIP 196407161994031001
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh
Tiada kata yang pantas dipanjatkan penyusun selain rasa syukur ke hadirat
Ilahi Rabbi, Allah Rabbul ‘Izzati, atas curahan rahmat serta
inayah-Nya penyusun mampu menyelesaikan kegiatan dan laporan Praktik Penelitian
Lapangan (PPL) di Yogyakarta. Shalawat serta salam semoga senantiasa
tercurahlimpahkan kepada panutan alam, pembawa risalah kebenaran, pencegah
kebathilan, yang telah meneladankan qudwah hasanah, yakni Nabi Muhammad
SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang senantiasa istiqamah dalam
peneladanannya.
Harus diakui
bahwa terselesaikannya laporan ini tidak terlepas dari bantuan yang telah
penyusun peroleh dari segenap pihak. Oleh karenanya, penyusun ucapkan terima
kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penyusun
terutama kepada.
1. Allah SWT yang tiada pernah lelah mengurus
makhluk-Nya.
2. Ibunda beserta keluarga tercinta
yang telah memberikan dukungan moril maupun materil.
3. Bapak Drs. Yepi Prezi Agus Gunadi,
M.Si. selaku kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Sukabumi.
4. Bapak Saprudin, S.Pd. selaku guru mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
5. Ibu Heni
Rohaeni, M.Pd. selaku guru pembimbing dalam penyusunan laporan PPL.
6. Segenap guru, staf, dan karyawan
MAN 2 Kota Sukabumi atas bantuan dan kerjasamanya selama pelaksanaan PPL.
7.
Rekan-rekan kelompok PPL yang tanpa lelah memberikan motivasi dan dorongannya.
Kesempurnaan
hanyalah milik-Nya. Dengan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang
dimiliki, laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya, penulis mohon
maaf yang sebesar-besarnya, dan senantiasa mengharapkan kritik dan saran demi
sebuah perubahan menuju perbaikan.
Billahi
Taufiq Wal Hidayyah
Wassalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh
Sukabumi, 20
Maret 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN
SUSUNAN
DAFTAR NAMA KELOMPOK
KATA
PENGANTAR
.....................................................................................
i
DAFTAR
ISI
....................................................................................................
iii
DAFTAR
LAMPIRAN ...................................................................................
v
BAB
I PENDAHULUAN
................................................................................
1
A.
Latar Belakang Masalah ................................................................................
1
B.
Tujuan dan Manfaat Penulisan Laporan ........................................................
5
BAB
II LANDASAN TEORI ........................................................................
10
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN .....................................................
21
A.
Metode Penulisan Laporan ..........................................................................
21
B. Teknik
Pengumpulan Data ...........................................................................
24
C. Waktu
dan Tempat Penelitian ......................................................................
24
D. Jadwal
Penelitian .........................................................................................
26
BAB
IV HASIL PENELITIAN ....................................................................
31
A.
Candi Borobudur .........................................................................................
21
B. Candi
Prambanan .........................................................................................
24
C. Istana
Presiden..............................................................................................
24
D. Keraton
Yogyakarta ....................................................................................
26
E. Universitas
Gadjah Mada (UGM)................................................................
26
F. Taman
Pintar.................................................................................................
26
BAB
V PENUTUP .........................................................................................
44
A.
Simpulan ......................................................................................................
44
B.
Saran ............................................................................................................
45
DAFTAR
PUSTAKA
BIOGRAFI
LAMPIRAN-LAMPIRAN
LAPORAN AKHIR INDIVIDUAL
PRAKTIK PENELITIAN LAPANGAN (PPL)
DI YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2011/2012
Diajukan
untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Ujian Praktik Bahasa Indonesia
di
MAN 2 Kota Sukabumi
disusun
oleh:
WILDAN WILYANI
NIS
1011010039
KEMENTERIAN
AGAMA KOTA SUKABUMI
MAN
2 KOTA SUKABUMI
1434
H/2013 M
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
AKHIR INDIVIDUAL
PRAKTIK
PENELITIAN LAPANGAN (PPL)
DI
YOGYAKARTA
TAHUN
AJARAN 2011/2012
Laporan
akhir PPL ini telah disahkan
Untuk
diajukan sebagai syarat Ujian Praktik
Disahkan di :
MAN 2 Kota Sukabumi
Hari, Tanggal :
Peserta,
Wildan
Wilyani
NIS
1011010039
Mengetahui:
Guru Pembimbing, Kepala
MAN 2 Kota Sukabumi,
Heni Rohaeni, M.Pd Drs.
Yepi Prezi Agus Gunadi, M.Si
NIP 196309071990032004 NIP 196407161994031001
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh
Tiada kata yang pantas dipanjatkan penyusun selain rasa syukur ke hadirat
Ilahi Rabbi, Allah Rabbul ‘Izzati, atas curahan rahmat serta
inayah-Nya penyusun mampu menyelesaikan kegiatan dan laporan Praktik Penelitian
Lapangan (PPL) di Yogyakarta. Shalawat serta salam semoga senantiasa
tercurahlimpahkan kepada panutan alam, pembawa risalah kebenaran, pencegah
kebathilan, yang telah meneladankan qudwah hasanah, yakni Nabi Muhammad
SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang senantiasa istiqamah dalam
peneladanannya.
Harus diakui
bahwa terselesaikannya laporan ini tidak terlepas dari bantuan yang telah
penyusun peroleh dari segenap pihak. Oleh karenanya, penyusun ucapkan terima
kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penyusun
terutama kepada.
1. Allah SWT yang tiada pernah lelah mengurus
makhluk-Nya.
2. Ibunda beserta keluarga tercinta
yang telah memberikan dukungan moril maupun materil.
3. Bapak Drs. Yepi Prezi Agus Gunadi,
M.Si. selaku kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Sukabumi.
4. Bapak Saprudin, S.Pd. selaku guru mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
5. Ibu Heni
Rohaeni, M.Pd. selaku guru pembimbing dalam penyusunan laporan PPL.
6. Segenap guru, staf, dan karyawan
MAN 2 Kota Sukabumi atas bantuan dan kerjasamanya selama pelaksanaan PPL.
7.
Rekan-rekan kelompok PPL yang tanpa lelah memberikan motivasi dan dorongannya.
Kesempurnaan
hanyalah milik-Nya. Dengan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang
dimiliki, laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya, penulis mohon
maaf yang sebesar-besarnya, dan senantiasa mengharapkan kritik dan saran demi
sebuah perubahan menuju perbaikan.
Billahi
Taufiq Wal Hidayyah
Wassalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh
Sukabumi, 20
Maret 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN
SUSUNAN
DAFTAR NAMA KELOMPOK
KATA
PENGANTAR
.....................................................................................
i
DAFTAR
ISI
....................................................................................................
iii
DAFTAR
LAMPIRAN ...................................................................................
v
BAB
I PENDAHULUAN
................................................................................
1
A.
Latar Belakang Masalah ................................................................................
1
B.
Tujuan dan Manfaat Penulisan Laporan ........................................................
5
BAB
II LANDASAN TEORI ........................................................................
10
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN .....................................................
21
A.
Metode Penulisan Laporan ..........................................................................
21
B. Teknik
Pengumpulan Data ...........................................................................
24
C. Waktu
dan Tempat Penelitian ......................................................................
24
D. Jadwal
Penelitian .........................................................................................
26
BAB
IV HASIL PENELITIAN ....................................................................
31
A.
Candi Borobudur .........................................................................................
21
B. Candi
Prambanan .........................................................................................
24
C. Istana
Presiden..............................................................................................
24
D. Keraton
Yogyakarta ....................................................................................
26
E. Universitas
Gadjah Mada (UGM)................................................................
26
F. Taman
Pintar.................................................................................................
26
BAB
V PENUTUP .........................................................................................
44
A.
Simpulan ......................................................................................................
44
B.
Saran ............................................................................................................
45
DAFTAR
PUSTAKA
BIOGRAFI
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional menyebutkan bahwa, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Hal demikian
menunjukkan bahwa begitu mulianya tujuan yang dicita-citakan dari sebuah proses
pendidikan. Salah satu proses atau kegiatan yang mengarah pada terealisasinya
tujuan tersebut adalah kegiatan belajar mengajar.
Proses belajar mengajar adalah inti dari kegiatan pendidikan
secara keseluruhan.
Adapun tujuan pendidikan akan menentukan kearah mana anak didik akan
dibawa. Disamping itu pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta
meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia.
Demi terealisasinya
tujuan pendidikan tersebut, maka suatu lembaga pendidikan harus menciptakan
sistem pembelajaran secara optimal.
MAN 2 Kota Sukabumi
sebagai lembaga pendidikan formal di bawah naungan Kementerian Agama
menginginkan terciptanya suatu proses pembelajaran secara optimal. Banyak program
yang telah diselenggarakan oleh MAN 2 mengenai proses pembelajaran siswa. Baik
itu program harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Program tersebut dilaksanakan di dalam sekolah mau pun di luar
sekolah. Salah satu dari program tersebut yaitu melaksanakan kegiatan tahunan
yang dilaksanakan di luar sekolah seperti Praktik Penelitian Lapangan (PPL).
Untuk itu, MAN 2 Kota Sukabumi
mengadakan program Praktik Penelitian Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di
Yogyakarta. Yakni meliputi kunjungan ke Universitas Gajah Mada (UGM), Candi
Borobudur, Candi Prambanan, Taman Pintar, Malioboro, Istana Presiden dan
Keraton Yogyakarta. Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh siswa MAN 2 Kota
Sukabumi kelas XI baik program IPA maupun IPS. Program tersebut dilaksanakan
agar tercapainya sistem pembelajaran yang optimal.
B. Tujuan dan Manfaat Penulisan Laporan
1.
Tujuan
Berdasarkan latar
belakang yang telah dikemukakan, maka setiap siswa MAN 2 Kota Sukabumi yang
telah memasuki kelas XI baik program IPA maupun program IPS, wajib mengikuti
program PPL. Adapun lokasi yang dipilih oleh MAN 2 untuk melaksanakan kegiatan
tersebut adalah Yogyakarta. Yakni melaksanakan kunjungan ke Universitas Gajah
Mada (UGM), Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Pintar, Malioboro, Istana
Presiden dan Keraton Yogyakarta.
Setidaknya terdapat dua
tujuan yang hendak dicapai dalam penyusunan laporan PPL ini di antaranya.
a.
Memberikan gambaran secara langsung tentang
pelaksanaan kegiatan PPL di Yogyakarta.
b.
Memenuhi salah satu syarat siswa kelas XI dalam
proses pembelajaran.
2.
Manfaat
a.
Bagi MAN 2 Kota Sukabumi
1)
Terealisasinya salah satu program tahunan MAN 2
Kota Sukabumi.
2)
Tercapainya sistem pendidikan yang optimal.
b.
Bagi peserta PPL
1)
Memberikan pengalaman dan keterampilan kepada
para praktikan.
2)
Mendewasakan pikiran para praktikan dalam
mengkaji setiap pemecahan masalah.
3)
Mengembangkan potensi para praktikan.
BAB II
LANDASAN TEORI
Secara umum, penelitian
diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan
secatra sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. (Nana
Syaodih:2009)
Jadi, penelitian
merupakan aktivitas menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah
secara terancang dan sistematis untuk menemukan pengetahuan yang terandalkan
kebenarannya (objektif dan sahih) mengenai suatu realitas, fenomena maupun
masalah.
Adapun penyebab yang
melatarbelakangi terjadinya sebuah penelitian. Pertama, karena pengetahuan, pemahaman dan kemampuan manusia sangat
terbatas, dibandingkan dengan lingkungannya yang begitu luas. Kedua, manusia memiliki dorongan untuk
mengetahui atau curiosity. Ketiga,
manusia di dalam kehidupannya selalu dihadapkan kepada masalah, tantangan,
ancaman, kesulitan baik di dalam dirinya, keluarganya, masyarakat sekitarnya,
serta di lingkungan kerjanya. Keempat,
manusia merasa tidak puas dengan apa yang telah dicapai, dikuasai dan
dimilikinya. (Nana Syaodih:2009)
DEFINISI
Candi Borobudur terkenal
dengan peninggalan bercorak Budha. Letaknya di dekat Muntilan, Kabupaten
Magelang, Jawa Tengah. Bangunan Candi Borobudur dikelilingi oleh Bukit Menoreh
yang membentang dari Timur ke Barat. Gunung Merapi dan Merbabu terletak di
sebelah Timur, dan Gunung Sumbing serta Gunung Sindoro yang terletak di sebelah
Barat. Candi ini didirikan pada tahun 824 Masehi (746 Saka), oleh Raja Mataram
bernama Samarotungga. Pada waktu itu Raja Mataram di Jawa Tengah berasal dari
keturunan Sailendra. Candi ini pertama didirikan untuk menghormati pendiri
Dinasti Sailendra. Raja-raja Sailendra menganut agama Budha Mahayana.
Candi Prambanan dikenal
pula dengan nama Candi Loro Jonggrang. Letaknya di Kecamatan Prambanan,
Kabupaten Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta. Itulah sebabnya Candi ini
lazimdisebut dengan nama Candi Prambanan. Candi ini didirikan pada abad ke-8
pada masa Kerajaan Hindu Mataram. Candi Prambanan merupakan bangunan suci bagi
pemeluk agama Hindu Siwa. Di sekitar komplek Candi Prambanan terdapat Candi
lain seperti Candi Sewu (Budha), Candi Ijo, Candi Barang, dan Kraton Ratu Baka.
Istana kepresidenan Yogyakarta dikenal juga dengan nama Gedung
Agung atau Gedung Negara. Istana Kepresidenan Yogyakarta terletak di ujung
selatan jalan Akhmad Yani, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kotamadya
Yogyakarta. Kompleks Istana yang berada pada ketinggian 120 meter dpl. ini
dibangun di atas lahan seluas 43.585 M2. Terletak di pusat keramaian kota,
jantung kota Yogyakarta, menghadap ke timur berseberangan dengan Museum Benteng
Vredeburg, bekas benteng Belanda.
Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Lokasi keraton ini konon adalah bekas
sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton
Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.
Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember
1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas
Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina
di Indonesia.
Taman Pintar
Yogyakarta adalah
wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jln.
Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi
maupun edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus
sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Metode Penulisan Laporan
Metode yang digunakan dalam
penulisan laporan ini adalah metode deskriptif, karena bertujuan untuk
menggambarkan dan menjelaskan peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang
ada pada masa sekarang, meliputi kondisi-kondisi yang dihadapi praktikan selama
melaksanakan kegiatan PPL, lokasi tempat praktik, dan sebagainya.
B. Teknik Pengumpulan Data
Metode deskriptif merupakan metode yang menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan studi dokumenter dalam mengumpulkan data.
a.
Observasi
Observasi adalah
pengamatan terhadap objek yang datanya akan dicatat dengan segala persiapan.
Dalam observasi ini lebih diarahkan kepada sasaran lokasi PPL. Adapun objek
dalam penulisan laporan ini adalah Yogyakarta. Meliputi Candi Borobudur, Candi
Prambanan, Taman Pintar, Kunjungan ke Universitas Gajah Mada (UGM), Istana
Presiden dan Keraton Yogyakarta.
b.
Wawancara
Wawancara merupakan
salah satu bentuk teknik pengumpulan data yang dilaksanakan secara lisan dalam
pertemuan tatap muka secara individu maupun kelompok, yaitu dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan kepada pihak-pihak yang berada di lokasi praktik. Hal ini
bertujuan agar data-data yang dihasilkan lebih jelas dan objektif. Adapun yang
dijadikan sasaran dalam penggunaan teknik ini adalah orang yang mempunyai
kewenangan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung. Hal ini
dinamakan guide atau pemandu wisata
dalam setiap lokasi penelitian.
c.
Studi
Dokumenter
Studi dokumenter
merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dokumen-dokumen baik
tertulis maupun gambar. Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan
mengadakan studi kepustakaan.
C. Waktu
dan Tempat Penelitian
Adapun waktu dan tempat yang para praktikan lakukan yakni
terhitung selama empat hari. Dimulai pada tanggal 28 November 2011 sampai
tanggal 1 Desember 2011. Dan tempat yang praktikan lakukan yakni di Yogyakarta.
D. Jadwal
Penelitian
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
Senin/
28 Nov 2011
|
-
Perjalanan menuju Yogyakarta
|
|
Selasa/
29 Nov 2011
|
-
Presentasi di UGM
-
Penelitian di Candi Prambanan
-
Kegiatan di Taman Pintar
|
|
Rabu/
30 Nov 2011
|
-
Kunjungan di Istana Presiden
-
Kegiatan di Keraton Yogyakarta
-
Kegiatan di Candi Borobudur
|
|
Kamis/
1 Des 2011
|
-
Perjalanan menuju Sukabumi
|
Adapun jadwal secara rinci akan dilampirkan dalam bagian lampiran.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
A.
CANDI BOROBUDUR
Candi Borobudur terletak
di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Candi ini merupakan candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Ankor Wat di
Kamboja dan termasuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Ada beberapa
versi mengenai asal usul nama candi ini. Versi pertama mengatakan bahwa nama
Borobudur berasal dari bahasa Sanskerta yaitu “bara” yang berarti “kompleks
candi atau biara” dan “beduhur” yang berarti “tinggi/di atas”.
Candi Borobudur diperkirakan didirikan oleh Raja
Samaratungga dari wangsa Sayilendra sekitar tahun Sangkala rasa sagara
kstidhara atau tahun Caka 746 (824 Masehi) dan baru dapat diselesaikan oleh
puterinya yang bernama Dyah Ayu Pramodhawardhani pada sekitar tahun 847 Masehi.
Pembuatan candi ini menurut prasasti Klurak (784 M) dibantu oleh seorang guru
dari Ghandadwipa (Bengalore) bernama Kumaragacya dan seorang pangeran dari
Kashmir yang bernama Visvawarma.
Letak candi ini diatas
perbukitan yang terletak di Desa Borobudur, Mungkid, Magelang atau 42 km
sebelah laut kota Yogyakarta. Dikelilingi Bukit Manoreh yang membujur dari arah
timur ke barat. Sementara di sebelah timur terdapat Gunung Merapi dan Merbau,
serta disebelah barat ada Gunumg Sindoro dan Gunung Sumbing.
Dibutuhkan tak kurang
dari 2 juta balok batu andesit atau setara dengan 50.000m persegi untuk
membangun Candi Borobudur ini. Berat keseluruhan candi mencapai 3,5 juta ton.
Seperti umumnya bangunan candi, Bororbudur memiliki 3 bagian bangunan, yaitu
kaki, badan dan atas. Bangunan kaki disebut Kamadhatu, yang menceritakan
tentang kesadaran yang dipenuhi dengan hawa nafsu dan sifat-sifat kebinatangan.
Kemudian Ruphadatu, yang bermakna sebuah tingkatan kesadaran manusia yang masih
terikat hawa nafsu, materi dan bentuk. Sedangkan Aruphadatu yang tak lagi
terikat hawa nafsu, materi dan bentuk digambarkan dalam bentuk stupa induk yang
kosong. Hal ini hanya dapat dicapai dengan keinginan dan kekosongan.
B.
CANDI PRAMBANAN
Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa
cantik yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai
Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi
dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan
pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17
kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman
indah.
Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat
Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai
Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi
dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum
Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk
suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian
mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.
Candi Prambanan memiliki tiga halaman utama yaitu
Candi Wisnu, Brahma dan Siwa. Ketiga Candi tersebut adalah lambang Trimurti
dalam kepercayaan Hindu. Ketiga Candi itu menghadap ke Timur. Setiap Candi
utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke Barat, yaitu Nandini
untuk Siwa, Angsa untuk Brahma dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu masih
terdapat dua candi apit. Empat candi kelir dan empat candi sudut. Sementara
halaman kedua memiliki 224 candi.
Memasuki
Candi Siwa yang letaknya di tengah dan bangunannya paling tinggi. Penganmat
akan melihat empat buah ruangan. Satu ruangan utama berisi Arca Siwa. Sementara
tiga ruangan masing-masing berisi Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa) dan
Ganesha (putra Siwa). Dan Durga itulah yang disebut-sebut Arca Roro Jonggrang
dalam legenda yang diceritakan di atas.
Di
Candi Wisnu yang terletak di sebelah Utara Candi Siwa, pengamat akan menjumpai
satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak
di sebelah Selatan Candi Siwa, pengamat akan menemukan satu ruangan yang berisi
arca Brahma.
Candi
pendamping yang cukup memikat adalah Candi Wisnu. Candi ini menyimpan sebuah
kisah tentang sosok manusia sebuah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan
burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih bersayap
merah, berparuh dan bersayap seperti elang. Diperkirakan sosok itu adalah
adaptasi Hindu atas sosok “Bennu”
(berarti terbit atau bersinar, biasa
diasosiasikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir kuno atau phoenix dalam mitologi Yunani kuno.
Garuda bias menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir
cacat) dengan mencuri Tirta Amerta (air suci para dewa).
Kemampuan
menyelamatkan itu dikagumi oleh banyak orang sampai sekarang dan digunakana
untuk berbagai kepentingan. Indonesia menggunaknnya sebagai lambang negara. Di
Thailand, Garuda dikenal dengan istilah Krut
atau Pha Krut.
Prambanan
juga memiliki relief Candi yang memuat Kisah Ramayana. Menurut para ahli,
relief itu mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan.
Relief yang menarik lain adalah pohon Klapataru yang dalam agama Hindu dianggap
sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Di Prambanan
relief Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan ini membuat para
ahli menganggap bahwa masyarakat abad ke-9 memiliki kearifan dalam menelola
lingkungannya.
C.
ISTANA PRESIDEN
Istana Kepresidenan Yogyakarta terletak di ujung selatan
jalan Akhmad Yani, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kotamadya
Yogyakarta. Kompleks Istana yang berada pada ketinggian 120 meter dpl. ini
dibangun di atas lahan seluas 43.585 M2. Terletak di pusat keramaian kota,
jantung kota Yogyakarta, menghadap ke timur berseberangan dengan Museum Benteng
Vredeburg, bekas benteng belanda
Istana kepresidenan Yogyakarta dikenal juga dengan nama
Gedung Agung atau Gedung Negara. Penamaan itu berkaitan dengan salah satu
fungsi gedung utama istana, yaitu sebagai tempat penerimaan tamu-tamu agung.
Istana ini merupakan salah satu istana dari keempat istana kepresidenan
lainnya, yang memiliki peran amat penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan
dan kehidupan bangsa Indonesia.
Secara umum, proses pengembangan bagian-bagian Istana
Kepresidenan Yogyakarta tidak banyak berubah, baik dari gedung induknya: Gedung
Agung, juga wisma -wismanya seperti Wisma Negara, Wisma Indraphrasta, Wisma
Sawojajar, Wisma Bumiretawu, dan Wisma Saptapratala.
Selain keempat wisma tersebut, sejak 20 September 1995,
kompleks Seni Sono seluas 5.600 meter persegi yang terletak di sebelah selatan,
yang semula milik Departemen Penerangan, kini menjadi bagian dari Istana
Kepresidenan Yogyakarta. Cukup lumayan dilakukan penataan ulang terhadap istana
ini; contohnya Ruang Kesenian direnovasi, kursi-kursi dan lampu hiasnya
diganti. Dari segi perabot / perlengkapan tampak kesesuaian antara fungsi kamar
/ ruang dengan perabotan / peralatan yang mengisinya, bahkan termasuk benda -
benda seni bernilai tinggi yang ada di dalamnya.
Sejak didirikan dua abad yang lalu hingga kini, Gedung
Induk kompleks Istana Kepresidenan Yogyakarta tidak pernah berubah; bentuknya
sama seperti ketika selesai dibangun pada tahun 1869. Ruangan Induknya disebut
Ruang Garuda dan berfungsi sebagai ruang resmi penyambutan tamu negara atau
tamu agung yang lain. Di ruangan ini pulalah kabinet Republik Indonesia dilantik
tatkala ibu kota negara pindah ke Yogyakarta. Pada dinding ruangan yang
bersejarah ini tergantung gambar-gambar pahlawan nasional, di antaranya adalah
gambar Pangeran Diponegoro, R.A. Kartini, Dokter Wahidin Soedirohusodo, dan
Tengku Cik Di Tiro.
Di sisi selatan Gedung Induk terdapat Ruangan Tidur
Presiden beserta keluarga, sedangkan di sisi utara terdapat kamar tidur yang
disediakan bagi Wakil Presiden beserta keluarga, dan bagi tamu negara atau tamu
agung yang lain beserta keluarga.
Di bagian depan kanan Gedung Induk terdapat ruangan yang
diberi nama Ruang Soerdiman untuk mengenang perjuangan Panglima Besar Soedirman
dalam memimpin gerilya melawan Belanda. Di ruangan inilah dulu Panglima Besar
Soedirman mohon diri kepada Presiden Soekarno, untuk meninggalkan kota dalam
rangka memimpin perang gerilya melawan Belanda. Di bagian kiri gedung utama
terdapat ruangan yang diberi nama Ruang Diponegoro, untuk mengenang perjuangan
Pangeran Diponegoro melawan Belanda. Dalam ruangan ini tampak pula lukisan / foto
beliau sedang berkuda.
Dari Ruang Garuda ke arah belakang terdapat ruangan besar
yang lain, yaitu Ruangan Jamuan Makan, tempat jamuan makan bagi tamu negara
atau tamu agung yang lain. Di belakang ruangan jamuan makan terdapat ruangan
luas, yang berfungsi sebagai Ruangan Pertunjukan Kesenian.
Masih tentang bangunan-bangunan yang ada di Istana
Yoyakarta ini, bangunan lain adalah Wisma Negara; wisma ini dibangun pada tahun
1980. Wisma ini dimaksudkan untuk para menteri dan rombongan tamu negara.
Bangunan ini bertingkat dua dan mempunyai 19 kamar. Setiap kamarnya dihiasi
dengan lukisan serta benda seni lain yang sesuai dengan fungsi-fungsi kamarnya,
terutama untuk beristirahat.
Selain Wisma Negara, terdapat Wisma Indraphrasta. Wisma ini
merupakan wujud bangunan asli kantor Asisten Residen Belanda, penggagas
bangunan yang kini menjadi istana ini. Di kiri dan kanan belakang bangunan
utama, di dekat Ruang Kesenian, adalah Wisma Sawojajar dan Wisma Bumiretawu.
Wisma Sawojajar,di sebelah utara, disediakan bagi petugas atau rombongan staf
Presiden atau tamu negara, sedangkan Wisma Bumiretawu disediakan bagi ajudan
serta dokter pribadi Presiden atau ajudan dan dokter pribadi tamu negara. Wisma
Saptapratala terletak di sebelah selatan, berseberangan dengan Wisma Bumiretawu
. Wisma ini disediakan bagi petugas-petugas dan para anggota rombongan presiden
atau tamu negara.
Kompleks Seni Sono mulai dipugar tahun 1995 dan terdiri
dari gedung auditorium, gedung tempat penyimpanan koleksi benda-benda seni,
gedung pameran dan perkantoran. Auditorium ini semula adalah gedung Seni Sono
yang dibangun pada tahun 1915 dan diperuntukkan sebagai tempat pertunjukkan
kesenian terpilih yang berkaitan dengan acara kenegaraan. Gedung yang
diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan koleksi benda-benda seni semula adalah
bangunan kuno yang dibangun Belanda pada tahun 1911 dan terakhir digunakan
sebagai kantor PWI / Antara. Bangunan yang diperuntukkan gedung pameran dan
perkantoran semula adalah bangunan Kantor Departemen Penerangan.
Biasanya,
Pintu Gerbang Utama Kompleks Istana Yogyakarta dijaga oleh dua buah patung
besar Dwarapala yang juga disebut Gupala, masing-masing setinggi dua meter.
Kedua patung ini berasal dari salah satu tempat di sebelah selatan Candi
Kalasan. Di halaman istana, di depan Gedung Induk, tampak sebuah monumen yang
terbuat dari batu andesit setinggi 3.5 meter, namanya Dagoba, yang berasal dari
Desa Cupuwatu, di dekat Candi Prambanan. Orang Yogyakarta menyebutnya Tugu
Lilin karena Tampak seperti lilin yang senantiasa menyala, melambangkan
kerukunan beragama, yaitu agama Hindu Ciwa dan agama Budha: agama Hindu Ciwa
dilambangkan dengan Lingga, yang menopang stupa sebagai lambang agama Budha.
D.
KERATON YOGYAKARTA
Keraton
Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta
merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut
secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih
berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih
menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan
salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan
museum yang menyimpan berbagai
koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa,
replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya,
keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana
Jawa
yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun
yang luas.
Keraton Yogyakarta mulai
didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Lokasi keraton ini konon adalah
bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini
digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura
dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan
lokasi keraton merupakan sebuah mata air, Umbul Pacethokan, yang ada di
tengah hutan Beringan. Sebelum menempati Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku
Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk
wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.
Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta
memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara),
Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan,
Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung
Selatan). Selain itu Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik
yang berbentuk upacara maupun benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain,
Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku
adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika nilai-nilai filosofi begitu
pula mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. Dan untuk itulah pada tahun 1995
Komplek Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.
E.
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19
Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu
Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas
pembina di Indonesia.
Pada
saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang
memiliki 18 Fakultas dan satu program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Universitas
Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus
Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas
Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi.
Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan
Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian
kepada Masyarakat.
F.
TAMAN PINTAR
Taman
Pintar Yogyakarta adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di
Jln. Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun
edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana
edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks
Shopping Centre juga menambah nilai lebih Taman Pintar. Beberapa tahun ini
Taman Pintar menjadi alternatif tempat berwisata bagi masyarakat Yogyakarta
maupun luar kota.
Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan
anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan
video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap
teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang
edukatif.
0 komentar:
Posting Komentar